Only Just Info

TIPS

Cara Menggunakan Formula Dalam Excel

Online Tutorial | Cara Menggunakan Formula Dalam Excel

Sebagian besar pengguna Excel tidak begitu mengerti bagaimana cara menggunakan formula dalam Excel. Untuk menggunakan formula dalam Excel sebenarnya sangat mudah, karena sudah tersedia Wizard dan contoh kasus tersimpan dalam offline help yang menunjukkan bagaimana seharusnya anda membuat suatu formula dalam Excel.


Dalam gambar di atas saya berikan contoh formula SUMIF yang terdiri atas tiga baris pernyataan, yaitu:
  1. Range: isikan dengan alamat cell yang merupakan kumpulan dari kriteria penjumlahan.
  2. Criteria: isikan dengan kriteria yang akan menentukan penjumlahan.
  3. Sum_range: isikan dengan alamat cell yang merupakan nilai yang akan dijumlahkan.
Untuk melihat contoh kasus tersimpan anda dapat mengklik "Help on this function" dalam formula wizard dialog box seperti dalam gambar di atas. Kira-kira akan muncul contoh seperti berikut:
Silahkan anda mempelajarinya dengan seksama, saya yakin anda akan sering menggunakan formula ini dalam urusan pekerjaan anda di kantor.
    --------------------------------------------------------------------------------------------
    CATATAN PENTING
    • Panjang alamat Range harus sama dengan panjang alamatSum_range
    • Bila anda memiliki kriteria yang terkandung dalam sebuah teks seperti:Subtotal Of Parfum, Subtotal Of Cosmetic. Anda ingin menjumlahkan hanya nilai yang ada dalam Subtotal tersebut, tapi anda hanya akan diperkenankan untuk mengambil satu kriteria. Di sini anda dapat memilih "Subtotal" sebagai kriteria, maka anda dapat mengisikan barisCriteria dengan "Subtotal*". Mengapa saya tambahkan tanda "*", karena dalam cell tersebut tidak murni hanya "Subtotal". Anda juga bisa mengambil "total" sebagai kriteria, tetapi penulisannya akan berbeda dalam baris Criteria yaitu "*total*".

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Entri Populer

    Entri Populer

    Thanks You